Jumat, 14 September 2012

Pengembangan Koleksi Modul 2 Keg1


MODUL 2
KEGIATAN BELAJAR 1
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOLEKSI

Kebijakan Pengembangan koleksi , meliputi kegiatan seleksi dan pengadaan bahan pustaka sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pustakawan bersama-sama dengan pihak yang berkompeten menentukan arah perkembangan perpustakaan.Pengembangan koleksi adalah proses menghasilkan kepastian bahwa perpustakaan memenuhi kebutuhan informasi dari populasi yang dilayaninya dalam cara yang tepat waktu dan ekonomis, menggunakan sumber daya informasi yang diproduksi didalam maupun luar organisasi.
Kebijakan pengembangan koleksi didasari oleh beberapa asas berikut ini:
  Kerelevanan
  Berorientasi pada kebutuhan pengguna
  Kelengkapan
  Kemutakhiran
  Kerja sama

Dalam membuat kebijakan pengembangan koleksi kita harus mengetahui:
  Kekuatan dan kelemahan koleksi perpustakaan
  Pengguna yang kita layani dan bagaimana mereka berubah
  Sumber informasi lain yang tersedia di sekitar lingkungan pengguna perpustakaan.

A.    Fungsi Kebijakan Pengembangan Koleksi

Fungsi pengembangan koleksi secara garis besar dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
1.      Fungsi perencanaan
2.      Fungsi komunikasi internal
3.      Fungsi komunikasi eksternal

B.     Manfaat Kebijakan Penembangan Koleksi
Manfaat kebijakan pengembangan koleksi adalah:
1.     Menjadi dokumen untuk sosialisasi kepada masyarakat, sebagai standar untuk menginformasikan kepada setiap orang tentang sifat dan ruang lingkup koleksi.
2.     Menginformasikan kepada setiap orang prioritas pengoleksian.
3.     Mendorong pemikiran tentang prioritas secara organisasi untuk koleksi.
4.     Menghasilkan komitmenpada tingkat tertentu sesuai dengan sasaran organisasi.
5.     Menentukan standar untuk meteri yang bisa masuk ke koleksi dan mana yang tidak masuk.
6.     Mengurangi pengaruh dari pemilih tunggal dan bias perorangan.
7.     Memberikan sebuah sarana pelatihan dan orientasi bagi staf baru.
8.     Membantu menjamin kekonsistenan dari waktu ke waktu walaupun staf pengelola berganti.
9.    Memberikan pedoman kepada staf dalam menghadapi protes maupun keluhan dari para pengambil keputusan dan pengguna.
10.  Membantu dalam penyiangan dan mengevaluasi koleksi.
11.  Membantu dalam rasionalisasi alokasi anggaran.
12.  Membantu dalam perencanaan anggaran jangka panjang dengan menetapkan prioritas dan garis besar sasaran pengembangan
13.  Menjadi sebuah alat dalam menilai kinerja secara keseluruhan dari program pengembangan koleksi.
14.  Memberikan informasi kepada pihak-pihak luar perpustakaan tentang tujuan dari pengembangan koleksi.
15.  Membantu memilih cara terbaik untuk pengadaan, misalnya langsung dari penerbit atau melalui jobber
16.  Membantu menetapkan metode untuk menilai bahan sebelum dibeli.
17.  Membantu merencanakan bentuk-bentuk kerja sama dengan perpustakaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar